Rabu, 01 September 2010

jadi menurutmu alasan itu serba guna ya, oohh jd gt, pikirmu alasan bisa bwt apa aja gt? situ pikir alesan itu apa, tepung bumbu serbaguna??

alesan. erh, mgkn maksudnya: alAsan (berbahasalah yang baik dan benar, walopun bahasa yang seperti itu terdengar kurang riang... eh, 'walopun'??). sebelum ngomongin ttg alesan mungkin baiknya ngomongin ttg linggis dulu kali ya. linggis itu sebenernya bahagia ga sih hidupnya? apa sih sebenernya inti sari dari hidup linggis itu? linggis itu kan semacam alat pencongkel. dulu waktu fisika smp (blajar fisika tuh smp ato sma ya? ato aku ga pernah belajar ya, kok lupa aja? tp fisika itu apa ya?) linggis itu termasuk 'pesawat', suatu alat bantu mekanik. kira2 kalo mulut kita itu selebar ban (ato setinggi ban, ato sepanjang ban, penting bgt lah ya secara ban itu SIMETRIS), linggis itu tusuk giginya. jadi.. kira2 drum minyak itu wadah tusuknya, kira2. gitu lah kira2 pokoknya!

linggis yang biasanya berurusan dengan usaha congkel2an skala rada berat itu (kalo skalanya berat linggisnya bukan yg kaya gitu. kaya menara pisa, nah itu pas banget panjang+miringnya) sering dipake nyabutin paku2 buat buka peti, alat pembantai pintu/jendela kalo ga mau kebuka, dll. sebenernya dia cukup seneng kali ya, bisa berguna buat banyak org meringankan tugas2 yg rada berat (dan yang seberat menara pisa jg). tapi dia masih seneng ga ya kalo dipake buat 'tugas2' lain yg lebih 'nyeleneh'? misalnya bongkar pintu buat maling, ngancurin kaca mobil buat nyolong, dll. di situ emg konteks dia ngebantu, tp kan tujuan akhirnya ga bener. mungkin kalo dia hidup dan ngerasa keberadaannya disalahgunakan dengan tidak senonoh (kok 'senonoh' ya, rasanya jd ga senonoh kalo pake kata ini... hmm, apa ya??) mungkin dia bakal depresi trus bunuh diri........ trus kira2, di linggis itu bakal bunuh dirinya gimana coba? (EHEM, lanjut!)

berdasarkan cerita ttg si linggis nan malang yang setelah dipikir2 hidupnya hanya sebatas mencongkel dan ngerusak, sebenernya gimana sih arti keberadaan dia di kehidupan manusia? karena kuat, keras dan berfungsi sebagai 'pesawat', linggis sering bgt membantu kita dalam mengerjakan tugas2 berat. tapi kalo niatnya jelek, si linggis itu bisa juga dengan ringan tangan (tangan? kaki mungkin, atau leher? linggis punya kepala ga ya? yg bengkok2 di ujungnya itu apa ya, ekor? hmm... ga ada yg belajar anatomi linggis ya?) merusakkan berbagai benda untuk memuaskan nafsu ngawur si operatornya. jadi, sebenernya linggis itu nggak jahat kan. cuma karena kekuatannya, dia jadi mudah untuk digunakan dalam kejahatan, semudah digunakan dalam kebaikan.

nah itu lah dia, sama juga dengan alasan. alasan itu kuat. alasan itu adalah sekumpulan informasi yang dibeberkan seseorang sebagai dasar ia melakukan sesuatu. tanpa alasan yang kuat sebagai 'pesawat', bakal susah banget manusia melakukan pekerjaan2 berat dalam hidupnya. contoh pekerjaan berat apa cobaaa? HIDUP, itu dia yang paling susah (mati mah gampang, smua org juga tahu, cuma tinggal nyetop jantung aja orang udah bisa mati, untuk hidup coba bayangin berapa juta sistem di dalam tubuh kita yang mesti bekerja, blum lagi ngasih kerjaan roda nasib yang masih harus berputar, intinya, hidup itu memang rumit, dasarnya juga udah begitu, jadi jangan ngomel terus deh, lebih milih mati apa yg gampang??? -> lha kok sewot..?).

tapi juga karena alasan itu sebegitu kuatnya untuk mencongkel pikiran manusia dan merusak keyakinan seseorang, alasan sering juga dipake untuk mengerjakan hal2 yang nenek2 ompong-rabun-tremor juga tahu kalo itu 1000% salah (dan ngawur, dan sesat, dan lurus banget arahnya ke neraka, cis!). mungkin karena kekuatannya yang besar, alasan itu dengan gampang disalahgunakan begitu seseorang punya niat jelek. "maaf Pak, saya nyolong kangkung karena anak saya belum makan. kalo saya dapet kerjaan hari ini pasti saya punya uang bwt beli makan. karena saya nggak punya kerjaan, saya terpaksa nyolong deh". ALESAN!! lagipula, kangkung??? ngapain ente nyolong kangkung?? kangkung mah di pinggir sungai jg banyak yg numbuh, aaarghh! situ ga mikir sih, udh ga mikir, ga kerja lg. kaga usah punya anak kalo gt!! (ini banyakan sewotnya dah drpada artikelnya?)

ya gitu deh, semakin jelek niatnya, semakin menjadi2 digunain alasannya. padahal kalo ga ada alasan kaya gitu kan ga mungkin mendorong dia untuk berbuat jelek juga. tapi ntahlah, kadang kalaupun alasannya nggak ada ya dibuat. mau semustahil apapun jadinya ya tetep aja dibuat2 supaya tindakannya kelihatan 'bener' gt. "ah gue mau bolos, mau tidur. gue kan bikin tugas sampe pagi, kurang tidur". "gue ga bilang nyokap ah kalo nilai gue jelek, kuliah kan hidup gue jg. terserah dong gue mau buat jelek atau bagus". "tilep aja ah duit kiriman buat adek, gue kan lebih tua, kebutuhan gue lebih banyak. dia ngerti lah kalo bagiannya dikasih lebih dikit". ALESAN LAGI, B*NGK*!!! (nyah, sabar nyah. coba nyonyah istighfar dulu gt sambil minum. oya kan puasa ya. eh, kan nyonyah udh marah2, udh batal dong, he3. minum gih nyah, MINUM BIAR TENANG!!)

kalo kita tanpa sadar bisa membuat alasan seheboh itu untuk hal2 yang kurang baik, knp nggak sekalian aja kita pake untuk hal2 yg lebih baik? "kalo ada bunga di depan rumah kyanya nyenengin orang lewat deh, gue tanem bunga di depan ah". "si A lama amat ngerjain tugasnya, kalo dia gini juga waktu ujian gawat dong mana beres. gue bantuin ajarin kali ya spy lbh lancar ngerjainnya". "tu anak ga modal banget sih tiap kuliah minjem bolpen, besok gue kasih bolpen ah supaya dia ga usah repot2 minjem lg. stok bolpen gue masih banyak ini". kayak, ini ada linggis di tangan. daripada buat mecahin kaca jendela atau mukulin mobil orang, knp nggak buat nyingkirin batu di jalan atau apa gt kek? (udah ga ada ide lagi, ha3!)

makanya kalo punya linggis, atau alasan, atau apapun lah, jangan buat bertingkah yg jelek2. kasian kan linggisnya, dia kan juga mau kecipratan pahala, bukan dosa. lagipula kalo alasan ajah, kapan majunyah? =p

ti.at.oscha @ MIS

Tidak ada komentar: