Jumat, 13 Juni 2008

jalan2, maunya sih belanja2, tapi lagi aneh nih moodnya, hmm... susah juga ya

aih, agak aneh ya kalo di yogya nulis blognya. abis nggak biasa sih, terus kalo di sini tuh jadi lebih sering main laptop sama baca novel jadi suka lupa nulis tiap 2 hari. kenapa ya? kayaknya karena di sini nggak ada tivi ajaib kamarku itu deh yang sangat menghipnotis... jadi kurang kerjaannya lebih banyak (he? emangnya nonton tivi bukan termasuk kurang kerjaan juga gitu?). kurang kerjaan juga diisi sama yang nggak penting gini, masih banyak keperluan juga, ck3... oh selain itu mungkin juga karna ada.. SI LAGU CINTA MELULU ITU!! huahaha aku belum pernah nemu lagu semenyenangkan ini! bener2 'efek rumah kaca' yang hebat! satu2nya lagu yang kuputer2 terus sampe pusing slama ini tu cuma 'ordinary people' nya john legend. dan sekarang aku lagi kecanduan lagu indonesia, keren abiss!!

nah2, hari ini nulis tentang apa ya? sebenernya 2 hari ini aku kebanyakan cuma jalan2 sih. kemarin ke pasar Bringharjo yang taraf kelengkapannya sama sekali JAUH dari kata pasar. ini baru bener2 'pasar'. campuk aduk! apa ada aja! oh barang2 elektronik nggak ada sih, ngapain juga jualan barang elektronik di pasar? apa gunanya bandung electronic center? (HAAA?? ga salah situ nanya gitu..? abis nabrak pager ya?) yang banyak tuh batik! baju! sayur! daging! los dagingnya juga diatur rapi gitu. dari sapi, ayam, babi, kambing, semuanya ada ruangnya tersendiri. waktu aku ke sana udah sore sih, jam 3-4 gitu, jadi udah banyak yang kukut2. jadi banyak ibu2 berkebaya dengan penutup kepala gitu mondr-mandir bawa barang2 berat di punggung n tangannya. perkasa abis deh, bener2 salut sama ibu2 pasar. terus ada juga yang jualan perlengkapan nikahan! kotak2 sumbangannya lucu2 deh. terus ada juga tukang plastik! berkilo2! (plastiknya yang berkilo2, iya, udah tau kan ya? kalo gitu ngapain ditulis juga sih!). pokoknya asik deh liatnya...

lalu kemudian, hari ini aku pergi ke daerah kotagede. si kotagede ini merupakan wadah pengrajin perak di Yogya. di satu ruas jalan gitu kanan-kirinya berderet toko2 perak. semuanya rata2 ada diskonnya. seneng kan denger kata diskon? tapi tunggu dulu! soale harganya kebanyakan 60 rebu ke atas, yang seratusan juga ada. jadi mau didiskon 50 persen juga buatku sih itu kok kayaknya dasyat juga harganya! sebenernya kenapa aku ke kotagede? karena aku liat cincin2 temen2ku yang beli di bip itu lucu2! terus aku pikir, mungkin di kotagede ini juga ada yang kaya gitu, rupanya nggak ada. ada sih, cuma nggak begitu mirip, dan nggak begitu banyak juga. kecewa juga deh, tapi sebenernya aku liat cincin yang ada gambarnya matahari. jadi mempertimbangkan mau beli... mungkin bisa besok2! secara garis besar sih perak2 ini nampak menyenangkan. modelnya banyak juga yang menarik, cuma karena aku tadi konsen sama bayangan cincin temen2ku, jadinya nggak begitu semangat sama yang lain. kalo mau digrafir nama juga ada! kesannya jadi eksklusif gitu. sayang lama juga waktunya, butuh 4 hari lagipula namaku kan cuma 3 huruf, apa kerennya kalo digrafir panjang2??

selain jalan2, dua hari ini aku juga berusaha buat sedikit lebih 'tenang', biar kakakku bisa belajar. hari ini ujiannya dua sih, aku juga pernah deg2an mau ujian dua. pikirannya selalu: korbanin aja salah satu apa ya? tapi nggak bisa gitu juga kan, itu dia resikonya ujian. mesti siap semua apapun yang terjadi. tapi perkara mencoba lebih tenang ini, aku suka lupa sendiri. abis kakakku pecicilan banget sih, jadi suka keikutan. apalagi kadang2 gremengan tentang gebetannya makin menjadi2. aku jadi bingung jawabnya, lebih lagi, aku nggak pernah ngeliat penampakan langsung cowok naksir berat. jadi aneh juga kalo liat tingkah cowok naksir berat rupanya ajaib gini, aku juga blum pernah naksir berat2 amat, memang perasaan orang itu beda2 yah. kalo kakakku sendiri sih belajarnya cukup lancar, kayaknya dia udah biasa belajar. kok aku engga ya? kaann.. namanya orang juga beda2. heheheh!!

karena kelamaan main laptop lama2 bikin mata sakit n perih banget, jadi aku mencari alternatif kegiatan lain yang nggak butuh intensitas mendelik sebesar itu. si meng nggak ada di rumah tiap saat, jadi main kucing bukan pilihan yang flexibel. bantu2 ibuku bersih2 jelas bukan hal yang akan dilakukan dengan ikhlas, salah2 malah tambah perih2. bunyi kecipak ikan nampaknya menyenangkan, tapi aku masih memikirkan kondisi kejiwaan ikan2 yang ternyata bermental lemah ini, kalo diliatin doang mereka udah terbirit2 ke lobang, gimana kalo ada orang masuk buat berenang? bisa2 mereka langsung mati mendadak, jantungan. berhubung metikin semua bunga anggrek juga akan mengganggu keharmonisan hubungan aku n ibuku, jadi aku menjatuhkan pilihan pada kegiatan yang damai, adem anyem, fleksibel, nggak berhubungan dengan sapu, dan nggak perlu basah2an. apalagi kalo bukan: baca novel.

aku udah baca novel 'kembang jepun' kakakku, yang ngarang Remy Sylado. menarik juga cerita dan gaya bahasanya. aku nggak nyangka ceritanya bisa sejauh itu, soalnya bukunya tebelnya nggak mengada2. emang kaya novel jepang karangan barat yang klan satori itu? (eh iya bukan sih nama klannya satori? ahh aku lupa! pokoknya buku2 itu lah yang samoul depannya gambar pedang!) setelah 4 buku tebel2 baru deh ceritanya kelar. bacanya ampe capek, tapi jujur2 aja buku itu yang keempatnya nggak pernah kubaca sampe abis. sayang soalnya... fenomenal banget. aku nggak rela aja kalo cerita itu terus abis begitu aja. jadi aku beli buku yang udah lama aku pertimbangkan buat beli. buku itu udah keluar bertaun2 yang lalu, ceritanya nampak seru dan imajinatif banget. sebenernya aku penasaran, apalagi di dalemnya banyak gambar2 aneh nan ajaib. pertimbangannya adalah: buku itu mahal. harganya hampir 100 rebu. buat sebuah novel, buatku itu agak 'di luar perhitungan'. lagipula setelah diliat2 gambar2nya nampak makin menyeramkan, aku jadi takut jangan2 itu buku 'sesat'! tapi ya enggak lah ya... ngapain juga novel sesat dijual di toko buku? pake harga mahal segala lagi. udah sesat, mahal pula, itu kan namanya kejahatan publik! jadi kemaren aku beli buku ini di toko buku diskonan, udah diskon aja harganya masih bikin mengelus dada, bener2 hebat. nama bukunya abarat, karangan clive barker.

rupanya bukunya nggak sesat kok! menarik banget malah! si clive barker ini imajinasinya tingkat tinggi banget. dia bisa menghasilkan dunia abarat beserta penghuninya yang unik2 dengan rinci dan lengkap. terus tokoh utamanya tetep gadis biasa dari dunia biasa, jadi kita terheran2 baca ceritanya nggak sendirian. si gadis ini juga heran ngeliat abarat yang super fantastis dan imajinatif ini. jadi yang baca bingung, yang dibaca juga bingung, klop deh! tiap gambar2 aneh bin ajaib yang rada serem dan aku kira sesat itu ada di beberapa halaman guna menggambarkan makhluk2 abarat yang nggak mungkin bisa dipikirkan dengan tepat kalo nggak liat gambarnya. pokoknya si gambar2 ini hal yang cerdik banget deh. selain kita jadi ngerti serumit apa penampakan makhluk abarat, tu buku juga jadi berhiaskan gambar berwarna, otomatis harganya jadi mahal kan...? =p aku baru baca setengah buku sih, tapi kayaknya keajaibannya masih belum keluar smua deh. dan udah ada buku duanya juga lho! pokoknya kalo suka cerita2 dari dunia ajaib gitu coba aja baca abaratnya. tapi mending pinjem... abis harganya kayak gitu sich...

seperti biasa nih.. capeekk!!! ya udahlah, mari kita akhiri saja tokh hari inih? sudah jam 12 juga. hmm, orang2 malah pada asik nonton bola. BUKAN! bukan bolanya juga yang ditonton, tapi orangnya lagi main bola! kalo nonton orang2nya doang jogat-joget di tengah lapangan ijo kayaknya nggak seru juga. tereak2 sih tereak2. tapi tereak2 mau muntah. nah, berhubung udah mau selese, langsung aja lah: kilasan2!! hari ini, seperti yang aku bilang kemaren2, ada tahlilan setahun meninggalnya nenekku. seperti biasa, teras depan jadi rame, terus rumah jadi penuh suara orang baca Yasin. senengnya sih banyak kue2, hehehe... berarti nanti kalo 1000 hari kaya gini juga lagi ya. ih aku uda lulus tuh pas itu! tadi aku ke plasa ambarukmo buat ngeliat pameran wisata indonesia. sebagai bagian dari 'visit indonesia 2008', kok kayaknya pameran ini kurang megah ya? apa karena baru percobaan? ato karena gelarnya di Yogya? nggak juga kali ya.. mungkin karena aku udah jarang liat pameran wisata jadi yang kebayang setara pameran komputer gitu, gede2an. tapi pameran ini menarik juga kok! terus berhubung ini tahlilan nenekku, kan pakde2 dan bulik ku kan pada di sini semua. nah sepupuku yang dari bulik ini mau menikah. terus pakde2, dan ayahku juga, jadi semangat gitu ikut kasih saran dan info2. seru abis deh! kalo aku nikah kaya gitu juga nggak ya? aku kan cewek, jelas harus rame gitu dong! huhuhu, semoga suaminya nanti baik ah! amin!

heee... akhir2nya malah ngomongin suami! ndak betul nih! masuk tingkat 4 aja blum, kemana2 masih ditemenin aja udah mikir suami! ih.. PEGANG SAPU AJA MALES udah mikir suami!!! iiihhh!!! ho3... ndak apa2 kan ya... namanya juga masih bedoa dulu! hihihi, udah ah! sampe besok! semoga yang lagi liburan hari2nya juga bermanfaat dan inspiratif!

ti.at.oscha @ Sitisewu

Tidak ada komentar: