Senin, 23 Juni 2008

keraguan2 yang malang-melintang di akhir bulan tengah tahun

hai3! kemaren2 kan aku jarang banget nulis2, jadinya sekarang mulai gatel lagi nih. sebenernya nulis itu ngikutin mood juga ya, tapi kata penulis2 terkenal menulis itu lebih baik nggak ngikutin mood. pokoknya jadiin aja kegiatan rutin, nanti juga terbiasa sendiri nulis. tapi kalo nulis rutin menurut perasaanku sih jadinya lumayan menyuntukkan gitu. mungkin bagusnya jadi rutin ya, tapi aku sih milih yang kuanggap nyaman aja. ngomong2 tadi aku nonton Mr. Magorium's Wonder Emporium di bioskop. tadinya mau nonton Kungfu Panda, tapi ternyata udah telat beli tiketnya. berhubung udah beradep2an sama mbak2 penjual tiket n yang ngantri di belakang buanyak buanget (yang bikin khawatir bukan kalo mereka sewot karena aku lama mikir, tapi kalo aku pergi tanpa beli karcis kan malu juga udah lama ngantri... he3!) jadi aku pilih film lain deh. film hantu jelas bukan pilihan yang jelas! terus kayaknya Hulk udah pernah nonton deh. jadi milih Mr. Magorium's deh, dulu aku juga mau nonton ini tapi mendadak nggak ada kabarnya lagi gitu, kupikir udah lewat.

#. (tiap topik aku kasih kres ya, biar jelas) Mr. Magorium's ini intinya nyeritain pemilik toko mainan ajaib yang nggak kalah ajaib dan udah hidup ratusan tahun. toko mainannya bener2 ajaib lho! kayaknya seru juga kalo tiap toko mainan rame dan riang kayak Mr. Magorium's. terus suatu hari dia manggil akuntan untuk menghitung seluruh nilai tokonya yang rencananya mau dia kasih ke pegawainya di situ, cewek namanya Mahoney. ada satu pegawai lagi anak cowok 9 tahun namanya Eric, dan dia jenius banget, sekaligus aneh dan hobinya koleksi macem2 topi yang selalu dia pake ganti2 tiap hari (kupikir topinya smua normal2, tapi suatu hari dia pake sombrero warna ungu kerlip2 gitu, woow..). tapi Mahoney ngerasa nggak bisa ngejalanin toko itu karena merasa nggak punya keajaiban kayak Mr. Magorium, dia sendiri pianis yang lagi mandeg nyiptain lagu. filmnya lucu! dan aku suka karena membahas tentang keyakinan pada diri kita sendiri yang besar banget waktu kecil, jadi semakin pudar seiring kita dewasa. kenapa ya kita nggak punya kepercayaan diri dan semangat kayak waktu kecil dulu? mungkin karena makin gede kita makin mikir hal2 yang nggak pernah kita pikirin sebelumnya kali ya...

#. terus, hari ini aku perawatan wajah... mumpung diskon soalnya! pas liat di kartu periksanya, rupanya terakhir kali itu mei 2006. wew, udah lama juga rupanya, tapi aku nggak bakal lupa sakitnya gimana. wuaaah tau nggak, kombinasi ngilangin jerawat n komedo itu merupakan hal yang paling menyakitkan di dunia! kalo kuinget2 kayaknya waktu ketabrak juga sakitnya nggak separah gini! waktu ketabrak dulu kaki tuh rasanya kram gitu, jadi bikin kaget aja kalo kesenggol (terutama kesenggol ibuku yang paling sering bikin dosa ituh) dan nyeri. kalo yang ini rasanya bener2 nyelekit dasyat. pas pikirannya ngelayang ke mana2 gitu sih rasanya nggak sakit2 amat, rada samar2 gitu. tapi ya susah juga, gimana nggak mikirin! orang sakit banget sampe ke ubun2 kok! huuh rupanya menjaga penampilan tuh memang menyakitkan ya? kayaknya yang lain2 kulitnya aman2 aja tuh nggak sering bermasalah kayak gini. pokoknya kalo ntar perlu disuntik ato digebukin orang (ya nggak usah berdoa juga biar kejadian! mudah2an jangan sampe! amin!) udah lah nggak perlu khawatir, ada kok yang sakitnya lebih parah dari itu!


#. eh sekarang kan lagi nggak sibuk n nggak banyak pikiran gitu ya (sebenernya sibuk sih, sibuk deg2an magang..), jadi akhir2 ini tuh sering kepikiran masa lalu. bukan nginget2 udah ngelakuin apa aja ato ngalamin apa aja ato udah kemana aja, tapi memposisikan diri lagi seperti yang sering kualamin di masa lalu. misalnya duduk nontonin anime favorit terus sedih banget pas serialnya mau abis. ato milih2 mainan ps2 yang mau dimainin kali ini n mangkal terus di depan tivi tiap sabtu minggu buat namatinnya. ato duduk lama2 di depan rak komik n ngulang satu seri dari awal sampe akhir sambil menekuni bagian yang kelewatan. ho3 semuanya kenangan nggak mutu gitu ya. soalnya, seperti yang udah pernah kubahas, kenangan yang merasuk banget ke pikiranku itu semuanya hal2 kayak gitu. mungkin karena sering kulakuin jadi merasuk ke hati (ceile, ke hati ato ke paru neng? ato ke usus?). kalo senengnya sampe kayak gitu apa itu ya yang namanya hobi? hobiku sering sirna di tengah jalan sih, mungkin karena makin lama makin nggak nemu makna kesenengannya lagi. sebenernya kesenenganku itu apa ya? kalo udah lebih gede lagi nanti, kira2 yang bakal kuinget yang kayak2 gini juga nggak ya? katanya kan orang dewasa bisa berubah banyak dari waktu mudanya.


#. katanya masa muda itu banyak yang mencari jati diri. jati diri apa sih sebenernya yang dicari? emangnya nggak cukup dengan menjadikan agama sebagai penunjuk arah dan melakukan hal2 yang baik yang kita yakini dan kita senangi? kalo mencari jati diri tuh, sebenernya apa ya yang dicari? terus kalo udah dapet, hasil dapetannya itu apa? ha3, aku penasaran aja, abis kayaknya aku melewatkan si mencari jati diri itu, jadi sekarang aku bingung mau kemana. mungkin seperti orang lain juga, aku pengen jadi 'seseorang', yang selalu diinget dan dibicarakan. tapi apa sih gunanya itu? padahal kupikir dengan berniat untuk hidup santai dan tenang dengan mengandalkan rasa nyaman aja juga udah cukup, tapi selalu pada akhirnya ingin sesuatu yang lebih. kenapa manusia itu serakah banget? kenapa manusia itu selalu ingin dijunjung dan segalanya? kenapa nggak bisa bercukup diri aja dengan apa yang dimiliki? lalu kalo mau lebih bahagia dan berhasil dan senang, kenapa nggak mau repot? kalo hidupnya standar dan mentok, kenapa nggak mau maju? kenapa manusia selalu kehalang dengan impian yang dibuat sendiri, yang nggak pada tempatnya? kenapa selalu kehalang dengan hal2 yang entah dia yakin mau dia lakuin ato engga? mungkin itu cuma perasaanku aja ya, mungkin aku sendiri juga ngerasa kayak semua gitu. abis sekarang bingung sih, jangan2 pubernya baru sekarang?? aargh telat banget!!


#. ah itu dia tadi kayaknya tanda2 dapet. mulai berperasaan labil dan nyerocos yang nggak jelas. ya sudahlah, benar kata Neo The Matrix (ho2 mentang2 tadi baru nonton!): 'hidup kita yang ngatur kita sendiri'. asal sesuai norma dan kita nyaman, astaga, ngapain resah dan protes sih? jalani yang terbaik dan bersyukur! beres sudah, hentikan ngoceh aneh2 gini! pusing sendiri kan bacanya! ohya, aku sekarang ngetiknya balik ke 'sebelas jari' lho! he3, nyamannya kayak gini kok, ntar kalo bermasalah baru lah diganti lagi. nah, yang lain juga semoga menemukan jalan hidupnya sendiri yang paling pas dan diyakini ya!


ti.at.oscha @ Imperial


Tidak ada komentar: