Minggu, 15 Juni 2008

makin muter2, makin panas saja rasanya Yogya ini!

heheheh, akhirnya datang lagi hari yang aneh untuk mengisi blog yang aneh... setelah sampe sekian lama ngisi blog (apanya yang sekian lama?? kayaknya baru juga dapet 12 tulisan??) kadang2 ketemu juga yang namanya 'gangguan ide'. jadi sama sekali nggak bisa fokusin apa yang mau ditulis. entah nggak ada ide, ato idenya banyak banget sampe bersliweran n nggak bisa ketangkep dengan baik juga nggak tau deh. hmm... mau nulis aja kok dibuat susah! piye tokh??!

nah! 2 hari ini adalah jalan2 di Yogya bagian ketiga! berhubung suasana hati lagi nggak jelas gini (bukaan, ini bukan karena lagu dasyat itu kok) ceritanya ngalor ngidul aja ah. toh di situs punya kakakku juga uda ada beberapa paling. lebih lengkap lagi! berikut eksklusif foto2 yang diambil tanpa tahu malu. lagian ngapain juga malu, kan motret tidak sama dengan nyolong. aku kasih gambar dikit2 aja ah biar rame. mule dari mana dulu ya... oh, dari kemaren aja deh. kemaren jadinya aku pergi lagi ke si kotagede ini. biasa lah, memburu barang yang setelah mikir 10 tahun baru bisa mutusin beli ato engga (ho3!). cincin perak yang aku beli itu yang udah aku sebutin kemaren, ada hiasannya matahari. dan ini bukan sembarang matahari lho! matahari ini punya wajah, lengkap dengan matav mulut dan.. (ntar, cek dulu) idung juga! bahkan alisnya juga ada. lumayan lho bisa buat berautis2 ria, ngomong sendiri gitu sama cincinnya. tampangnya kaya orang juga.


kenapa sih jadinya aku milih yang hiasannya matahari? ah entah ya akhir2 ini aku lagi agak demen sama yang namanya matahari. padahal panas, bikin gerah dan item2. tapi matahari itu anget, dan bisa menghasilkan vitamin D yang banyak buat tubuh kita! (dengan catatan berjemurnya sebelum jam 11, setelah itu namanya bukan cari sehat tapi cari gosong). siapa tahu kalo aku bawa2 matahari di tanganku kehidupanku bisa jauh lebih cerah! bukannya sekarang mendung, murung ato sebagainya sih, tapi lebih ke 'berawan'. alias 'nggak jelas'. yah mencicipi kecerahan dan kejelasan dalam hidup nampaknya menarik untuk dinikmati... lha kok jadi ngelantur?? selain si cincin ituh, aku juga beli gelang bunga2. rencananya sih aku mau pake pas wisudaan. tapi entah nanti masih inget ato engga...

oya lupa, sebelum ke kotagede itu, paginya aku sama ayah-ibuku pergi ke kebun salak. kebun salaknya lumayan luas juga ya... aku udah lama nggak menjelajahi semuanya jadi lupa luasnya seberapa. katanya terakhir ayah-ibuku ke sana pohon2nya lagi buanyak2nya ngehasilin salak yang guede2 n muanis2. tadinya sih niatnya mengulang lagi kesuksesan panen salak pribadi di bulan sebelumnya, namun apa daya salaknya udah pada dipanenin semua sama pengurus kebunnya (namanya Pak Yatno, waktu kemarin kita ketemu sama ayahnya, yang ibuku kira memang ayahnya, tapi seperti biasa: ibuku suka salah. itu bukan ayah Pak Yatno, tapi ayah Bu Yatno). yah, toh nanti salaknya bakal jadi duit juga, n kita kayaknya bukan kuli salak juga yang bisa nggeret karung salak berat2 dari kebun ke mobil. jadi ambilnya sih secukupnya aja, secukupnya kita nemu, dan secukupnya kecakapan ayahku dalam menebaskan aritnya si ayahnya Bu Yatno.. lumayan juga, salak2nya emang manis2!

dan di antara salak2 pondoh itu, ayahku berinisiatif menanam juga beberapa salak gading. warnanya kuning, warna batang pohon n duri2nya juga lebih cerah dari salak pondoh. kata ayahnya Bu Yatno, si salak gading itu emang lebih kecut, tapi baik buat darah tinggi. aku sih nggak nyoba, terlalu paranoid, takut membahayakan jiwa (padahal itu cuma salak, kalo salaknya lagi dicekel sama gorila mungkin iya jadi membahayakan jiwa. saya ini memang suka mengada2 saja, ck3..). kata ayahku dibanding salak pondoh, si salak gading ini jadi terlihat seperti 'salak emas'. terus aku jadi inget mainan 'harvest moon', dimana nggak ada salak emas, tapi ada telur emas, susu emas, wol emas, dsb. karena si salak emas itu jadi mengingatkanku sama si 'harvest moon' itu, jadi aku bawa2 deh salaknya. ngomong2 pohon salak tuh tumbuhnya melebar ke atas. jadi walopun nanemnya renggang2, ujung2 daunnya tetep bersentuhan satu sama lain dan menaungi jalan di bawahnya. entah kenapa aku jadi kepikiran si barisan salak2 ini seperti semacem jalur gosip.. si salak a bisa aja bergosip sama salak b yang terpisah 100 m, karena gosipnya jalan dari satu daun ke daun lainnya. tapi namanya juga salak, sapa sih yang bakalan digosipin? paling jauh juga cabe di kebun sebelah..!


terus hari ininya, aku jalan2 ke pantai. tadinya mau ke pantai samas, tapi ternyata di sana sepi. tujuan utamanya kan makan pagi! kalo nggak ada makanan, kayaknya nggak pas juga sama tujuan semula, jadi balik lagi deh buat nyari makanan lain. ngomong2 ibuku tuh emang suka banget nyambangin pantai2 yang ada di Yogya, yang menurutku sih scara garis besar gersang semua. kenapa ya? (nggak, aku nggak mempertanyakan kenapa pantainya gersang, aku mempertanyakan KENAPA ibuku itu suka banget ngedatengin pantai2 yang gersang2 tersebut. yah, bukan ibuku aja sih yang ngusulin, ayahku juga. pada kenapa sih? terinspirasi colombus? ato hendak mencari pantai tak berpenghuni untuk ditaklukan? macam marcopolo aja jadinya..). terus ayahku mengusulkan warung di Bantul yang pernah didatangi Pak Maknyuss. sebenernya aku udah curiga, ayah-ibuku sering sih mengikuti jejak2 pak maknyuss, seringnya berhasil, tapi sering juga gatot alias gagal total! alasan utama: blum bukaaa, anda terlalu bersemangat sehingga kepagiaaan!! jadi, seperti biasa, tadi jg kepagian, blum buka deh warungnya, jadi terpaksa cari lagi makanan lain. eh tapi tu warung nyarinya setengah mati juga lho, sampe saya kira jangan2 itu warung mistis.. ya engga lah, emang pak maknyuss dukun bisa datengin warung mistis???

daripada pusing2, mending ke tempat yang jelas ada makanan n deket aja lah! ho3, mana lagi kalo bukan parangtritis! di pantai ini ada pasar ikan kecil2an, terus hasil belanjaan kita bisa dimasak di warung2 yang menghadap ke laut. seneng juga makan2 sambil liat laut, adem! apalagi kalo ini: masih sepi! rasanya puas, satu warung serasa punya sendiri, ha3!! sayangnya tadi agak mendung, jadi warna lautnya nggak cerah. dan, seperti biasa, ndak jalan2 namanya kalo ndak beli oleh2! jadi aku beli kitiran. tadinya mau beli layangan, tapi kayaknya punya layangan susah, kalo nggak pernah dimainin kan jadi nggak guna. mending kitiran aja, didiemin juga muter sendiri. pulangnya dari pantai mampir dulu di pasar seni.... aaahh lupa namanyaaa!!! huek, masih muda udah lupaan, kacau nih.. pokoknya itu lho pasar seni yang ada di sekitar km 9 parangtritis! menyenangkan sih tempatnya, los pameran kerajinannya banyak n tersusun. namun sayang nampaknya blum terlalu digembar-gemborkan jadi sepi gituh. smoga di kemudian hari lebih maju ya, abis sayang sih, tempatnya lumayan mengundang soalnya!

weh, udah jam segini ni, udah lah ya.. ayahku nawarin pulangnya senin, aku setuju aja sih, kayaknya masih ada bbrp urusan yang harus diselesaikan. terutama ini: ngeliat nilai! duh3, moga2 nggak ada yang C! amin! terus hari ini sepupu2ku pada balik semua ke rumah orang tuanya di Nganjat. jadi rumah ini sekrang sepi banget, orang luas begini tapi yang nempatin cuma 4 orang (eh, kan ada Mak Ijah! kamu lupa Mak Ijah? halo Mak! =p). kalo senin bener jadi pulang, brarti besok terakhir buat jalan2 n blanja2! tapi seperti yang telah saya sebutkan kemaren.. moodnya lagi aneh nih. jadi mau belanja juga bingung mau beli apa aja. terys buku abaratku itu udah tamat lho! bener2 nanggung, namanya juga jilid satu sih. tunggu aku jilid dua! tapi sekarang aku mau baca 'septimus heap' dulu ah, buar seling2 jadi nggak bosen. terus selama 2 hari ini aku udah nyoba 2 rumah makan di Yogya. satu Seven Resto yang bergaya modern, dan cangkirnya lucu banget. satu lagi resto pizza lokal (akhirnya! saya nggak perlu lagi berurusan dengan retso pizza import yang 'ituh'!) Nanamia Piezzeria yang pizzanya dipanggang pake tungku tradisional n renyah banget. cukup menyenangkan, besok coba apalagi yah?
ups, lupa nulis, itu dia kilasan2nya! aaah bentar lagi jam 3!!! gawaaat!!! huff, udah ya, semoga yang dalam perjalanan pulang dari liburan bisa cepet sampe dengan selamat dan nggak kecapekan untuk beraktifitas lagi!

ti.at.oscha @ Sitisewu

Tidak ada komentar: