Rabu, 11 Juni 2008

Yogya dan bus barunya yang kayak pisang import

eh, sekarang aku lagi ada di Yogya dong, seneng kan! sebenernya sih engga juga... bukan nggak seneng di Yogyanya sih, tapi makin berjalan harinya makin deg2an nih mau magang. kayaknya aku bakal kacau banget deh. aaaa jangan ngomong yang engga2 dulu laaaah!! bismillah aja yang penting, bismillah... terus mumpung ada di Yogya aku sih pengennya bersenang2! tapi kalo melihat tujuan awal dateng ke sini kayaknya nggak cocok juga kalo topik kedatangan kali ini adalah BERSENANG2. karena saat ini aku ke Yogya adalah untuk.. *jreng3* tahlilan nenekku yang udah meninggal setahun. begitu lah, ndak begitu pas ya kalo menjelang tahlilan nanti, tanggal 12, aku malah bersenang2? hum, harusnya sih aku bantuin orang tuaku siap2, tapi sejauh ini kayaknya aku blum ngapa2in juga. kenapa sih... di mana2 ndak guna, dasar aneh..!

sebenernya tadi juga udah jalan2 sih di malioboro, itu termasuk bersenang2 nggak ya? kalo pulangnya bawa baju baru 2 n lukisan 1dan SENANG ya namanya bersenang2 lah. ugh, ya sudahlah tak apah buat penyegaran (penyegaran dari apa? emang situ sayur mesti seger??), sekalian nyobain bus baru Yogya yang warnanya kayak pisang import itu. oh.. karena udah di Yogya juga sekalian aja lah ya cerita2. sebenernya ini udah malem banget jadi agak sinting juga kalo harus mikir lagi mau nulis apa. lagipula lagu efek rumah kaca yang 'cinta melulu' ini kayaknya punya daya bius yang cukup dasyat. bukan bikin ngantuk tapi bikin nggak konsen. liriknya unik sih coba liat deh kapan2, bener2 menggelikan. jadi! tadi aku ke pameran kesenian di benteng Verdeburg (sumpah aku lupa tulisannya gimana, padahal ada gede2 di atas bentengnya, pasti ini gara2 lagu ini!!! -> wee nyalahin aja seenak jidat!), ceritanya Yogya tuh lagi ngerayain apaa gitu (nah... ini juga korban lagu.. lupa juga, he3) jadinya ada pameran ini. seingetku dulu sih pernah ke pameran kaya gitu juga, tapi lebih ramean dulu. yang sekarang ini entah kenapa agak sepi, apa karena udah malem? ato karena masih awal2? pamerannya kan sampe juli, mmm entahlah.

lukisan yang aku beli ini kecil sih. tapi kecil2 cabe rawit. kecil2 tapi pake kanvas gitu, entah dari mana dapet kanvas sekecil ituh. terus gambarnya angkringan, entah kenapa walopun nggak begitu warna-wrni aku suka aja sama angkringannya karena digambar dari sebelah kiri. kalo angkringannya mangkal di trotoar entah kenapa aku selalu kepikiran kalo si angkringan itu dorongannya ada di kiri. nah si lukisan ini tuh ngeliatin dorongannya, dan ada di sebelah kiri, jadi cucok gitu lho sama apa yang kupikirin walo aku nggak ngeh juga sebenernya mikir apa. yang ngelukis namanya.... haa lupa juga!!! padahal namanya ada di dalem amplop lukisannya, tapi aku males akh ngambilnya. terus ayahku juga suka gitu sama lukisannya yang gede, tapi mahal euy. mungkin lain kali?

terus buat ke si benteng ini, seperti yang telah kunyatakan sebagai salah satu alesan aku jalan2 menjelang tahlilan nenekku, aku naik bus trans Yogya yang baru. seperti yang sudah kunyatakan tadi, bus ini warnanya mirip sama pisang import, gradasi ijo kuning. dalemnya lebih sempit dari trans jakarta sih, tapi adem dan menyenangkan. biasanya aku ada di dalem trans jakarta yang isinya orang ngobrol biasa, dan di angkot yang isinya orang ngobrol bahasa sunda, terus sekarang ada di dalem trans Yogya yang orang2nya ngobrol bahasa jawa rasanya lain aja. kayak ngeliat anggur di lukisan angkringan. engga pada tempatnya walo sebenernya sih sah2 aja. abis yang ada dalam pandanganku itu Yogya geraknya agak 'lambat' sih, dalam artian tradisi dan suasana kunonya masih kerasa banget. dan... ini kayaknya nggak ada hubungannya sama trans Yogya? ah aku jadi bingung!

gila aku mulai keluar jalur nih.. soalnya jamnya udah bedentang 2 kali sih.. aku harus tidur! keburu jam 3!! keburu setan keluar semuaa!!! tidaaakkk!!!! weks... kenapa sih? ini gara2 aku lupa bawa Quran ku nih jadinya nggak bisa baca! kayaknya udah aku masukin deh, apa lupa ya taronya di mana? hmm... oya sebenernya yang aku perhatiin dari Yogya dari kemaren aku nyampe adalah orang2nya. dari dulu sampe sekarang aku masih mikir kalo orang Yogya itu seperti sebagaimana orang Jawa pada umumnya: njawi dan sederhana. tapi kemaren aku ke mall ambarukmo dan merasa agak khawatir terhadap pergeseran sifat orang2 Yogya, walo aku yakin yang ke mall itu sebenernya bukan semuanya orang2 Yogya juga. eh, tau dari mana? AKU kan ke situ lho!! gimana sih? eh, aku orang mana? ya... bandung lah. ho3!!! lanjut! apalagi kemaren2 aku juga baca kompas, katanya internet wi-fi makin marak dan agak membuat orang2 muda Yogya 'autis'. sebenrnya aku juga suka autis dan nggak tau malu sih kalo soal ini.. abis aku mahasiswa dan itu gratis sih! menggoda banget kan??

tapi tadi aku naik trans Yogya dan merasa nggak perlu mengkhawatirkan perubahan yang berlebihan. walo si bus pisang ini terlihat modern dibanding suasana sekitarnya, tapi penjaga haltenya masih rajin nanya2 calon penumpang kok maunya kemana. terus kalo penumpangnya bingung dia kasih penjelasan rute n pake 'dititipin' pula ke penjaga pintu busnya. terus si penjaga pintu bus ini selalu memastikan nggak ada orang di sekitar halte yang perlu naik bus itu sebelum busnya cabut. tadi pintnya udah hampir nutup, tapi sama mas2 penjaganya tu pintu dibuka lagi waktu ngeliat ada ibu2 sama anaknya tergopoh2 masuk ke halte. setelah nanya apa si ibu itu perlu naik bus yang itu, terus dipersilakan masuk, baru deh pintunya bener2 ditutup dan busnya jalan. jadi nggak main asal tinggal aja. he3, lucu ya? nggak tau ya, mungkin di trans jakarta juga gitu tapi karena busnya gede jadi nggak terlalu merhatiin ke pintu.

begitulah! jadi intinya orang2 Yogya masih tetep njawi kok, jadi sante aja. aku pikir juga jangan2 generasi Yogya beneran lama2 makin abis karena orang2 pada merantau dan anaknya jadi nggak familier sama budaya jawa. buktinya saya ini gimana, bahasa jawa aja ndak bisa... tapi tadi ada cewek kecil di bus, perawakannya sih nggak kaya orang jawa, abis putih n rambutnya agak kecoklatan sih. tapi bapaknya sih tampang indonesia, terus dia nyuruh anaknya yang pecicilan itu buat duduk manis pake bahasa jawa. dan si anak langsung nyerocos nanya2 bapaknya pake... bahasa jawa juga! berarti kebudayaan jawa blum bakal punah ni, ho3... bagus kan! yah, pokoknya si bus ini hari ini bener2 membawa pencerahan banget lah. ah, jadi aneh gini? gara2 lagu ini sih masih muter aja!! (tetep nyalahin yang nggak berkepentingan)

udah ah, bener2 capek n ngantuk nih. kilasan2, hmm apa ya? kakakku masih suka nggremeng soal cewek2. orang blum jadian masa udah selingkuh? itu mah kaya blom nggoreng tapi udah gosong. kayaknya urutannya bukan gitu deh. ah sudahlah dia maunya ngomong apa iyain aja, biar cepet. buat tahlilan nenekku pemberiannya itu sembako. lucu gitu dimasukin ke plastik 4 warna. tapi dari luar keliatan dikit sembakonya, apa cukup ya? kata ibuku sih yang penting berguna, hm iya juga sih. terus tadi aku baca2 buku tahunan kakakku, lucu juga walopun tipis. nanti angkatanku bisa bikin juga nggak ya? ah aku jarang mau kena foto juga sih. terus kakakku juga ngirimin foto ke lomba foto untuk pariwisata Yogya, semoga berhasil ya, nampak banyak pasti saingannya. terus tadi aku ke mirota tapi bingung mau beli apa, nggak penting banget deh, kenapa bisa lupa ya mau beli apa? ahh.. mesti tau apa yang mau dibeli nih! ya sudahlah... makanya tidur dulu... SEKARANG!!

hi3... 'lagu cinta melulu.. kita memang benar2 melayu, suka mendayu2. lagu cinta melulu.. apa memang karna kuping melayu, suka yang sendu2'. hi3, aneh ya liriknya, lucu... membius nih, membius! udah ya, semoga siapapun yang lagi liburan juga hari2nya menyenangkan dan balik lagi dengan lancar dan selamat! amin!

ti.at.oscha @ Sitisewu

Tidak ada komentar: